artikelby: Hommy on: 2011-12-29 20:32:10 telah dilihat sebanyak 2698

Bahaya Fish Spa

BELAKANGAN, metode membersihkan kaki dengan media ikan-ikan kecil alias fish spa semakin marak. Ternyata, metode ini menyimpan bahaya tersendiri dalam beberapa kondisi.

 

Rasa geli karena ulah ikan-ikan kecil yang menggigiti kulit kaki menghadirkan sensasi baru yang justru membuatnya kian digemari. Namun di Inggris, Badan Perlindungan Kesehatan setempat telah mengeluarkan peringatan terhadap adanya risiko yang tidak dapat diabaikan dari praktik fish spa.

 

Ikan-ikan kecil dapat menjadi media penularan penyakit infeksi dan bakteri dari orang per orang pengguna metode ini. Risikonya memang minim, tapi konsumen disarankan berhati-hati.

 

Selain ikan, air yang digunakan juga dapat menjadi perantara penularan penyakit. Apalagi jika aspek kebersihan tidak diindahkan, seperti harus mengganti air setiap kali berganti pengguna.

 

Risiko penularan infeksi maupun bakteri ini lebih rentan bagi mereka dengan penyakit diabetes, sirkulasi tubuh yang buruk, serta masalah kekebalan tubuh. Demikian seperti disitat The Sun, Rabu (7/12/2011).

 

Beberapa negara bagian AS dan Kanada bahkan telah melarang praktik fish spa. Bagi yang tetap membukanya, dihimbau keras untuk mengetatkan standar kesehatan, seperti mengganti air setiap habis dipakai dan meninjau kondisi kesehatan pelanggan sebelum memulai terapi

 

sumber: Dwi Afrilianti – Okezone