artikelby: rismi on: 2012-02-16 04:04:11 telah dilihat sebanyak 2228

Seputar Tentang Pengobatan Cina

Keunggulan pengobatan Cina sudah tidak diragukan lagi. Banyaknya jenis pengobatan Cina, seperti akupuntur, shinsei, herbal, bahkan pengobatan yang dipadukan dengan ilmu bela diri seperti Taichi, sudah sangat terkenal di seantero dunia ini. Ada beberapa alasan mengapa pengobatan tradisional ini unggul. Diantaranya :

Sejarah 5000 tahun

Teknik pengobatan Cina dimulai sejak 5000 tahun lalu. Artinya, pengobatan Cina telah diuji dari generasi ke generasi, khasiatnya telah dirasakan dari masa ke masa, dan segala kesalahan sudah diperbaiki kasus per kasus. Sehingga tidak berlebihan jika dikatakan bahwa penobatan Cina, khasiatnya sudah terbukti dan keamanannya lebih terjamin, karena sudah teruji selama ribuan tahun.

Standar Pengobatan Ke Kaisar dan Diujicoba Ke Manusia

Sejarah pengobatan Cina dikembangkan untuk kesembuhan kaisar dan keluarganya. Jika kaisar sakit, para tabib akan mengumpulkan penduduk yang sakit dengan gejala yang sama lalu mengujicobakan secara langsung berbagai alternatif obat hasil racikan tabib tersebut. Obat yang manjur kemudian diberikan kepada kaisar, dan selanjutnya dicatat dan dibukukan. Artinya kesembuhan menjadi prioritas, sehingga otomatis kualitas menjadi pertimbangan utama, dan bukan keuntungan semata.

Prinsip Keseimbangan, Keharmonisan dan Alam

Pada pengobatan Cina, tubuh manusia yang dilihat sebagai bagian dari alam. Tubuh dan alam saling berinteraksi baik dan keseimbangan antara manusia, dan lingkungannya menjadi sangat penting. Bila terjadi harmoni dalam interaksi itu maka terdapat kesehatan, sebaliknya ketidakharmonisan akan mendatangkan penyakit. Pengobatan Cina meyakini semua penyakit tersedia obanya di alam, hanya saja masih banyak misteri alam yang belum terungkap. Dan bukankah dalam agama juga, terutama dalam Islam, Allah jelas-jelas sudah berfirman bahwa segala penyakit ada obatnya dan sekian banyak ayat dalam Al Quran menyatakan bahwa alam di sekitar manusia terdapat banyak sekali sumber obat yang sangat baik untuk manusia. Karena Allah tahu bahwa manusia tidak dapat terlepas dari alam, maka sistem keseimbangan dan keharmonisan dengan alam harus dijaga agar tubuh sehat.

Mengatasi dari Akar Penyakit bukan Akibat (Gejala dan Tanda) Penyakit

Pada pengobatan modern, setiap penyakit diberikan obat untuk melawan kuman penyebab penyakit, sementara pengobatan Cina lebih mengutamakan membangun keseimbangan tubuh sehingga tubuh mampu untuk melawan penyakit. Ketika ada virus atau kuman, obat-obatan modern diminum untuk membunuh virus atau kuman tersebut, yang terkadang secara tidak sengaja juga membunuh sel tubuh (ini merupakan efek samping obat), karena sifat obat yang radikal dan tidak bisa mengontrol dirinya saat di dalam tubuh. Sementara pada pengobatan Cina, tubuh diberdayakan untuk mampu melawan virus/kuman tersebut, karena sebenarnya tubuh manusia sudah diberikan kemampuan secara alami untuk bisa bertahan dan menyerang sumber penyakit, adanya penyakit berarti adanya ketidakseimbangan dalam tubuh dalam mengontrol sistem pertahanan sehingga penyusup/agen penyakit mudah masuk. Dengan tubuh yang diberdayakan kembali, maka sistem pertahanan dan penyerangan kembali dibangun dan agen penyakit pun akan ditumpas secara alami.

Ibarat dalam sebuah perkelahian, nutrisi Cina mengajarkan tubuh kita bela diri sehingga pada akhirnya bisa menjaga diri sendiri jika suatu saat ada penyusup atau penyerang (agen penyakit). tetapi pada pengobatan modern, obatlah yang mengalahkan musuh sedangkan tubuh kita tetap dalam posisi lemah dan tidak berdaya jika suatu saat ada agen penyakit kembali, sehingga jelas kita akan selalu tergantung pada obat.