artikelby: rismi on: 2011-11-24 telah dilihat sebanyak 3162

Gaya Hidup Sehat, Warisan Profesor Hembing

Banyak juga orang yang ingin mengetahui gaya hidup sehat Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma, seorang pakar pengobatan tradisional dan akupunktur, juga dikenal sebagai penulis buku mengenai kesehatan. Hal ini pula yang membuatnya terkenal dengan tips Hidup Sehat Cara Hembing. Anda ingin tahu apa saja? Berikut empat prinsip Hembing yang bisa Anda ikuti.

1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan baik/ Halalan Toyiban
Prinsip Prof. Hembing dalam mengonsumsi makanan adalah selalu bervariasi. Yaitu mengombinasikan protein, mineral, karbohidrat dan nutrisi lain demi kesehatan tubuh. Sebagai seorang muslim, ia juga selalu memilih makanan dan minuman yang halal. Hal ini menurutnya sangat penting karena dengan makanan halal, akan memberikan pengaruh positif pada kesehatan tubuh. Jika mengonsumsi makanan yang tidak halal, menurutnya justru akan membawa pengaruh negatif pada tubuh yang akan mempercepat kematian.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Agar tubuh tak mudah terserang penyakit, menurut Prof. Hembing, berolahragalah secara teratur dan sesuai kebutuhan. Tidak perlu memilih olahraga yang berat. Pastikan saja Anda selalu berolahraga sesuai kondisi tubuh.

3. Beristirahat
Sesibuk apapun Anda, sempatkanlah untuk beristirahat. Hal ini demi menghilangkan rasa lelah pada otot dan sel saraf yang telah bekerja seharian. Rasa lelah ini timbul karena penimbunan asam laktat dalam tubuh sebagai hasil pembakaran glukosa tanpa oksigen. Dengan istirahat, asam laktat tersebut secara perlahan akan hilang melalui proses biokimia.

4. Sikap positif
Hal yang tak kalah penting adalah selalu memiliki pikiran positif. Dengan pemikiran dan sikap positif, seseorang akan menjadi lebih baik. Bukan hanya dari aspek psikologis tetapi juga fisik. Itu karena dengan pikiran yang positif seseorang tak mudah terkena stres.