artikelby: rismi on: 2011-09-29 01:06:12 telah dilihat sebanyak 4118

Sport Massage Pulihkan Stamina Atlet

Sport massage sebenarnya diperuntukkan bagi orang-orang sehat. Sport massage biasanya diberikan di klub olahraga sebelum pertandingan/latihan dimulai. Pijat jenis ini dilakukan terutama di bagian tubuh yang banyak bekerja dengan mempergunakan manipulasi pijatan shaking, tapotement, petressage, friction dan stretching.

Pemberian massage ini bertujuan untuk mempersiapkan otot-otot untuk bekerja lebih berat atau bertanding. Juga menambah tonus otot dan menyempurnakan proses pembakaran serta menyempurnakan peredaran darah agar lebih lancar di daerah itu selama pertandingan/latihan.

Massage seperti ini bertujuan untuk menghilangkan atau mengurangi zat-zat pelelah (myoglosis), mengembalikan elastisitas atau kekenyalan otot. Massage bagi atlet dilakukan di antara pertandingan dengan tindakan yang diberikan saat istirahat di kamar ganti pakaian atau di bangku istirahat. Pijatan dilakukan di bagian tubuh yang bekerja keras. Fokus pijatan adalah tungkai atas, tungkai bawah, bahu dan tangan kiri kanan.

Massage yang dipakai sebagai perawatan bagi pembinaan atlit adalah melalui beberapa tahapan setidaknya sebulan sekali. Yakni pijat pembinaan dilakukan disela-sela pertandingan atau pertandingan. Ada juga massage pemulihan dilakukan setelah selesai pertandingan.

Kalau tersedia waktu dan tenaga, sebaiknya massage dilakukan seluruh tubuh. Terutama bagi atlet yang keesokan harinya masih harus bertanding. Bagi atlit yang masuk pelatihan (dipersiapkan pertandingan) jangan mandi air panas, hal ini akan memancing badan berkeringat banyak pada akhirnya merasa lemas.