artikelby: wening on: 2011-08-30 00:34:41 telah dilihat sebanyak 2380

Manfaat Pijatan


Massage atau pijatan merupakan seni penyembuhan kuno yang mampu memberikan banyak manfaat bagi sistem tubuh. Pijat adalah sebuah perawatan preventif yang penting untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah sistem pada tubuh yang sangat diuntungkan dengan melakukan proses pemijatan:

1. Sistem Saraf

Sistem saraf sangat dipengaruhi oleh aplikasi pijat. Karena efek dari pemijatan akan membuat sistem saraf merasa lebih nyaman dan mampu mengurangi iritabilitas saraf. Mampu memulihkan dari gangguan insomnia, ketegangan sakit kepala, stres. Efek pijatan dapat memberikan rangsangan dan meningkatan aktivitas otot, pembuluh darah, dan kelenjar yang dipengaruhi oleh otot. Pijat akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami kelelahan bahkan juga dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

2. Sistem Pernafasan

Pijatan mampu memperkuat dinding otot dari usus dan abdomen serta merangsang sekresi sisa pencernaan dari hati, pankreas, perut dan usus. Selain memperlancar pencernaan dalam memproses makanan, pijat juga dapat meningkatkan penyerapan makanan yang dicerna.

3. Sistem Getah

Begitu juga dengan sistem getah akan dirangsang agar aliran getah dalam sistem tersebut akan menjadi semakin kencang dan lancar. Ketika dilakukan pijat usap, maka kotoran dan zat-zat beracun dalam tubuh yang menerima terlalu banyak tekanan dari pemijatan ini akan segera terbuang.

4. Kulit

Aktivitas dan nutrisi kulit juga memperoleh manfaat dari pijat. Keringat dan kelenjar sebaseus akan memperoleh rangsangan sehingga meningkatkan fungsi mereka. Ketika kulit-kulit mati telah terbuang, maka pori-pori akan tetap terbuka sehingga respirasi, fleksibilitas dan elastisitas kulit meningkat.

5. Sistem Reproduktif

Bahkan pijatan juga akan mempengaruhi system reproduktif sehingga mengalami perbaikan. Pijat abdominal dan pijat punggung bisa membantu mengurangi masalah menstruasi seperti rasa sakit, menstruasi yang tidak teratur dan gejala menopause.