artikelby: wening on: 2011-07-18 01:31:10 telah dilihat sebanyak 5710

Sehat dengan Shiatsu

SHIATSU merupakan salah satu jenis Pijat yang bisa menjadi pilihan Anda untuk merelakskan badan. Shiatsu, dikenal juga dengan akupresur, merupakan pijat di titik tekan (titik akupresur) dengan menggunakan jari-jari. Shiatsu didisain untuk mengatur aliran energi di dalam tubuh. Selama melakukan Pijat Shiatsu, ibu jari, jari-jari lainnya, telapak tangan atau kaki digunakan untuk memijat. Jenis Pijat ini membantu menenangkan, meningkatkan energi, serta menyeimbangkan tubuh.

Shiatsu bukanlah Pijat yang baru. Jenis Pijatan ini berasal dari China dan dikembangkan sekitar tahun 530 SM. Selanjutnya, Shiatsu banyak digunakan di Jepang dan Korea. Pada abad ke-20, terapi ini digunakan untuik mengatasi ketegangan otot. Tahun 1970-an, Shiatsu juga sudah dikenal luas di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia.

Manfaat Shiatsu tidak langsung untuk mengatasi satu penyakit tertentu. Tetapi, membantu keseluruhan tubuh untuk melawan penyakit dan sumber-sumber rasa sakit. Sangat penting untuk menjaga hubungan dekat dengan terapis. Hal ini karena terapis akan membantu Anda bersentuhan dan merasakan tubuh Anda sendiri.

Pijat Shiatsu biasanya berlangsung selama 40 menit sampai 1 jam. Anda akan Dipijat di atas tikar. Pijatan akan dimulai dengan peregangan lembut dan manipulasi kulit untuk menstimulus energi dan merelakskan otot-otot. Kuat lemahnya tekanan bergantung pada kebutuhan Anda.

Shiatsu berfungsi untuk memperbaiki pernapasan, postur tubuh, serta sistem sirkulasi. Pijat ini juga mendorong Anda agar merasa lebih baik dan mengeratkan hubungan antara jiwa dan raga Anda. Dengan merelakskan tubuh dan pikiran, terapi ini sangat efektif dalam melepaskan ketegangan dan mengurangi kekakuan. Shiatsu juga bisa menstimulus sistem kekebalan dan sistem hormon sehingga memungkinkan tubuh membangun pertahanan alami.

Para terapis meyakini, jika pasien bisa benar-benar relaks maka mereka mulai bisa mengakses kekuatan peyembuhan alami mereka sendiri. Mereka percaya, chi akan membantu menyembuhkan penyakit dengan sendirinya. Karena itu, sangat penting untuk memastikan kalau energi kehidupan Anda tidak terhambat atau stagnan.

Sekarang ini, Shiatsu tidak hanya digunakan untuk relaksasi, tetapi juga membantu berbagai panyakit dan kelainan. Berikut beberapa keuntungan dari Shiatsu:

* Untuk kulit
Pijat Shiatsu membantu menstimulus sirkulasi kapiler-kapiler di jaringan lembut kulit. Selain itu, Pijat ini juga akan menstimulus sekresi kelenjar sebasea. Dengan begitu, kulit akan tetap lembab dan lembut. Hal ini akan meningkatkan daya tahan kulit dan mencegah pengerutan. Shiatsu akan membuat kulit sehat dan terlihat bercahaya dengan cara meningkatkan sirkulasi darah.

*Rematik arthritis dan rasa sakit di otot
Shiatsu juga bisa membantu meredakan gejala-gejala arthritis, peradangan kronis pada jaringan tubuh dan menyerang lapisan persendian. Shiatsu ini lebih efektif kalau dilakukan pada tangan dan kaki saat mengalami arthritis. Tekanan juga langsung bisa dilakukan pada area yang terinfeksi rematik arthritis. Selain untuk arthritis, Shiatsu juga bisa meningkatkan kesehatan otot-otot di seluruh tubuh secara umum. Shiatsu membantu otot-otot yang lentur dan meberikan nutrisi pada otot dengan meningkatkan sirkulasi. Di samping itu, juga membantu mengurangi rasa sakit pada otot-otot.

*Migrain
Migrain biasanya disebabkan oleh pelebaran dan penyempitan pembuluh darah yang cepat di otak atau kepala. Hal ini akan menyebabkan iritasi dan rasa sakit. Migrain biasanya ditandai dengan pening, sensitif terhadap cahaya dan suara, lemah, kesemutan serta gangguan penglihatan. Pijat Shiatsu akan membantu penderita migrain dengan merelakskan tubuh dan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

*Kehamilan
Jenis Pijat ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi gejala siklus menstruasi seperti kram dan depresi. Selain itu, Shiatsu juga baik bagi ibu hamil. Pijat bisa membantu memudahkan proses persalinan dan mengubah posisi bayi di dalam rahim. Selain itu, juga bisa meredakan morning sickness dan pembengkakan yang seringkali disebabkan oleh kehamilan.

*Sistim sirkulasi dan pencernaan
Pijatan lembut akan membantu meningkatkan sirkulasi nutrisi ke seluruh tubuh. Pijat ini juga membantu sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pencernaan serta membantu membuang sampah sisa pencernaan.

Tertarik untuk mencobanya? Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang, pelayanan ini telah tersedia di hommy therapy

Jl. Sidodadi Timur No. 21C Semarang
Telp. 024-70211094